Tahukah Kalian, Buaya Nil Tidak Cuma Ada di Sungai Nil

Loading...

Tahukah kalian, buaya Nil (Crocodylus niloticus) tidak hidup hanya di daerah Sungai Nil. Mereka dapat ditemukan di banyak aliran sungai Afrika dan di pulau Madagaskar. Buaya Nil diburu untuk diambil kulitnya. Mereka adalah spesies yang terancam punah di beberapa daerah. Namun, mereka bisa berkembang pesat dalam jumlah besar di wilayah Afrika Timur.

Buaya Nil

Profil singkat buaya nil

Panjang: 3,3 sampai 6 meter

Berat: Sampai 1 ton

Makanan: Ikan, burung, reptil lainnya, dan mamalia

Jumlah Telur: 40 sampai 50

Habitat: Sub-Sahara Afrika, Lembah Sungai Nil, dan Madagaskar

Loading...

Buaya Nil menghabiskan sebagian besar hidupnya di tepian sungai berpasir. Di sana, mereka suka menghangatkan diri di bawah sinar matahari. Sama seperti seekor anjing, mulut mereka akan tetap terbuka untuk mengontrol panas tubuhnya. Mereka menghangatkan darahnya dari sengatan sinar matahari.

Dan sambil terus membuka mulut lebar-lebar, gigi mereka juga bisa dibersihkan! Burung-burung kecil, yang disebut plover, membersihkan gigi buaya dengan memakan sisa makanan yang terjebak di antara gigi-gigi buaya.

Reptil besar ini sabar menunggu selama berjam-jam dalam keheningan total untuk menyergap mangsanya. Ketika korbannya cukup dekat, mereka akan menyerangnya dengan kecepatan yang menakjubkan. Mereka kemudian akan menenggelamkan mangsanya ke dalam air dan memakannya dengan brutal.

Buaya Nil biasa memangsa ikan, kura-kura, burung, dan mamalia. Mereka juga agresif terhadap manusia yang terlalu dekat. Manusia harus berhati-hati untuk tidak berdiri terlalu dekat dengan predator satu ini.

Buaya betina meletakkan telurnya di suatu lubang di malam hari. Setelah empat bulan, telur-telur itu akan menetas. Bayi-bayi buaya akan mulai berteriak-teriak. Sang induk akan mendengar teriakan itu melalui cangkang dan pasir. Dia akan menggali pasir untuk membiarkan bayi-bayinya itu keluar. Kemudian dengan pasangannya dia membangun semacam sarang yang tersembunyi di rawa-rawa.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *