Mengenal Jenis-jenis Earphone, Sahabat Pecinta Musik!

Loading...

Pecinta musik pasti suka mendengarkan lagu-lagu favorit mereka dari ponsel, tapi tak semuanya suka mendengarkannya dengan earphone. Selain terkadang bikin telinga dan kepala terasa agak sakit, terlalu sering menggunakan earphone juga bisa berpengaruh buruk pada kemampuan mendengar. Karena itulah ponsel selalu memberi peringatan jika Anda mengeraskan volume sampai maksimal saat menggunakan earphone.

Earphone Keren

Sebagai pengetahuan saja, berikut adalah beberapa jenis earphone yang perlu Anda tahu.

1. Earphone In-Ear Monitor (IEM)

Earphone In-Ear Monitor

Ini adalah jenis earphone yang pemakaiannya dimasukkan ke lubang telinga. Bahannya biasanya dari karet. Dengan menggunakan earphone jenis ini, telinga tidak akan sakit, apalagi jika bud yang dipakai terbuat dari bahan yang lembut. Suara yang terdengar pun akan terasa lebih ‘bulat’ dengan sedikit polusi suara dari luar.

Di samping itu, IEM yang ujungnya masuk ke dalam telinga membuatnya tidak mudah terlepas saat Anda bergerak. Penggunaan IEM sebenarnya tidak disarankan terlalu sering, apalagi dengan volume tinggi.

2. Earbuds

Earbuds

Loading...

Berbeda dengan IEM, pemakaian earbuds cukup ditempelkan di telinga, tidak sampai dimasukkan ke lubang telinga. Ujung earbuds biasanya terbuat dari bahan plastik bulat dan berlubang-lubang kecil (seperti speaker aktif). Karena hanya ditempelkan, maka suara-suara lain dari luar masih akan terdengar. Kekurangan lainnya adalah earbuds gampang lepas, terutama bila Anda sering bergerak dan secara tak sengaja menyenggolnya.

Selain itu, suara yang terdengar juga tidak sebulat IEM; suara bas kadang baru terdengar sempurna ketika earbuds ditekan ke telinga. Namun untuk kesehatan pendengaran, earbuds sedikit lebih aman dibanding IEM karena dia hanya menempel, namun tetap tidak boleh terlalu sering.

3. Earphone On-ear

Earphone On-ear

Earphone satu ini berbentuk seperti bando. Cara pemakaiannya pun mirip bando, bedanya kedua ujungnya mempunyai speaker yang biasanya dilapisi bahan sejenis kulit atau kain. Ukurannya bervariasi, karena itu Anda harus memilih yang sekiranya nyaman untuk ukuran kepala Anda.

Earphone On-ear bisa diatur kekencangannya agar tak terlalu ‘menggigit’ kepala dan berakibat tidak nyaman. Earphone ini memang terlihat lebih trendi, namun tak terlalu bisa meredam suara dari luar.

4. Earphone Wireless

true wireless headphones

Yang terakhir ini adalah earphone paling keren dan canggih karena nirkabel, alias tak butuh kabel seperti ketiga jenis earphone di atas. Cukup menggunakan koneksi Bluetooth, Anda bisa memutar lagu di satu perangkat dan mendengarkannya di earphone ini tanpa sambungan kabel apapun.

Karena tanpa kabel, earphone ini perlu baterai dan ini terkadang agak merepotkan. Harganya pun relatif lebih mahal jika dibanding earphone-earphone jenis lainnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *