Manfaat Taman Rumah, Bisa Hindarkan Anak dari Asma

Keberadaan taman atau area hijau di dalam atau sekitar rumah ternyata memiliki banyak sekali manfaat selain mempercantik lingkungan. Di zaman sekarang lahan-lahan untuk perumahan semakin sempit dan kebutuhan akan taman pun kadang terpaksa dinomorduakan. Padahal menurut studi terbaru taman memberi pengaruh besar pada kesehatan anak.

Taman Anak

Studi menyimpulkan bahwa taman bisa mengurangi resiko anak terkena asma ketika dewasa nanti. Anak-anak yang hidup di lingkungan asri yang setidaknya berjarak 100 meter dari rumah akan kecil kemungkinannya mengidap asma. Prosentase penurunannya mencapai 71% dan ini tentu saja adalah kabar yang menggembirakan. Asma bisa dicegah sejak dini melalui pengelolaan lingkungan yang baik.

Para ilmuwan dari Rumah Sakit Universitas Haukeland, Norwegia, melakukan penelitian ini. Mereka menarik kesimpulan bahwa anak berusia di bawah 10 tahun yang tinggal di daerah asri mengalami penurunan resiko terserang mengi sebanyak 71%. Lalu untuk anak dan remaja berusia 11 sampai 18 tahun, resiko batuk menurun hingga 29% dan mengi menurun sebanyak 39%.

Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Taman yang dipenuhi tanaman hijau bisa menjadi pembersih udara dan menyerap zat-zat berbahaya di udara. Polusi udara pun bisa dikendalikan dengan baik yang pada akhirnya memberi dampak positif pada kesehatan.

Taman Kecil

Profesor Mina Gaga, ketua European Respiratory Society, memberi penjelasan akan pentingnya ruang hijau dalam suatu lingkungan perumahan. Dokter biasanya akan menanyakan ada tidaknya area hijau di sekitar tempat tinggal pasien yang mengalami masalah pernafasan.

Baca Juga:  Ayo Ngopi! Inilah 11 Manfaat Hebat Kafein yang Wajib Anda Tahu

Dengan keluarnya hasil penelitian ini, diharapkan semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menciptakan lingkungan yang asri. Taman, sekecil apapun itu, harus ada di pekarangan atau teras rumah. Banyak sekali tanaman hebat yang dikenal ampuh dalam membersihkan udara, salah satu contohnya adalah lidah mertua.

Nah, mulai sekarang kita sebagai orangtua bisa mulai memikirkan pentingnya membuat taman minimalis di rumah. Area berukuran 1×1 meter pun bisa dipenuhi tanaman dalam pot yang disusun secara vertikal. Vertical garden memang adalah solusi paling tepat bagi mereka yang ingin berkebun tapi lahannya terbatas. Dan pastinya selain bermanfaat bagi kesehatan, taman juga menambah keindahan sebuah rumah.

Mau bikin taman rumah untuk kesehatan keluarga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *