Inilah Fakta-fakta Tentang Gaya Bermusik Seorang Jay Park

Loading...

Jay Park adalah salah satu talent hebat yang dimiliki Korea Selatan saat ini. Dia lahir di Amerika Serikat, tapi dia sudah menembus ketatnya persaingan di dunia musik hip hop Korea Selatan. Pria berusia 30 tahun ini memiliki style bermusik sendiri. Dia menangani sendiri segala aspek musiknya, dari proses pembuatan hingga produksi. Soal popularitas, hampir semua orang sudah mengenalnya, terlebih lagi ketika dia didaulat menjadi juri di salah satu kontes pencarian bakat terbesar di Asia, yaitu Asia’s Got Talent.

Park Jay

Berikut fakta-fakta menarik seputar style musikal Jay Park.

~ Musik Jay Park secara umum adalah R&B kontemporer dan hip hop, tapi dia juga memasukkan unsur pop, dance, soul, electronic, dan akustik dalam lagu-lagunya.

~ Sebelum debut bersama boyband 2PM, pria asal kota Edmonds, Washington ini dilatih vokalnya oleh mantan anggota SOLID yang juga merupakan artis R&B kenamaan, Kim Jo-han, yang dikenal sebagai pelatih vokal bagi banyak artis top di industri K-Pop.

~ Kim Jo-han menyebut bahwa Jay Park memiliki vokal yang unik dan menarik serta berbeda dari yang lain.

~ Jay Park sudah menulis lirik rap sejak kelas delapan.

~ Sejak menjadi artis solo, Jay Park menangani semua kerja kreatif musiknya sendiri. Dia menulis dan mengaransemen lagunya, memproduksi albumnya, memilih krunya, serta ikut serta dalam mastering dan mixing lagunya. Hal ini amat jarang dilakukan oleh musisi-musisi Korea lainnya.

Loading...

JP

~ Lebih dari sekedar mencipta lagu-lagu hits, dia ingin orang mendengar style musiknya dan membuat mereka bisa mendengar musik yang ‘khas Jay Park.’

~ Karena jago berbahasa Inggris dan Korea, Jay Park menulis lirik lagu-lagunya dalam dua bahasa itu. Namun dia mengakui lebih nyaman menulis dalam bahasa Inggris ketimbang Korea karena dia baru belajar bahasa Korea menjelang dewasa.

~ Tumbuh sambil mendengarkan musisi-musisi Amerika, Jay Park mengakui bahwa musiknya terdengar lebih ‘Amerika’ ketimbang K-Pop. Dia mengatakan bahwa style inilah yang ingin dia buat sambil tetap dikenali sebagai musik K-Pop.

~ Proses musikalnya diawali dengan mendengarkan banyak beat yang dikirimkan oleh berbagai produser sambil memikirkan musik apa yang ingin dia tulis. Dia kemudian mendaftar beberapa beat yang kemungkinan akan dia kerjakan. Dia kemudian akan mengerjakan melodi lagu bersama ide dan lirik. Dia menulis hook lagu terlebih dahulu lalu menulis syairnya.

~ Jay Park bisa mendapatkan inspirasi dari berbagai hal ketika menulis lagu, seperti dari mendengarkan musik, menonton pertunjukan live, berbincang dengan orang, dan dari hal-hal biasa lainnya dalam keseharian.

~ Beberapa lagu yang dia tulis terinspirasi dari lagu milik musisi lain. Contohnya adalah lagunya, “Turn Off Your Phone,” dari album New Breed yang sebenarnya terinspirasi dari lagu hit Leessang berjudul “Turn Off the TV …” dari album ketujuh mereka, Asura Balbalta.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *