Cara Memilih Kucing yang Tepat Sebagai Hewan Peliharaan

Cara memilih kucing – Sebelum Anda benar-benar mencari seekor kucing yang cocok untuk dipelihara, cari tahu terlebih dahulu kucing seperti apa yang Anda inginkan: anak kucing atau kucing dewasa, longhair atau shorthair, pejantan atau betina, apa jenisnya, apa warnanya, dan sebagainya. Jika Anda sudah menentukan ukuran, usia, jenis kelamin, jenis peranakan, atau penampilan kucing idaman, lakukan sedikit riset tambahan sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau mengadopsinya.

Memilih Kucing yang Pas

Anda mungkin akan sedikit kaget ketika tahu jenis kucing yang Anda sukai ternyata tidak cocok dengan gaya hidup Anda. Misalnya, jika Anda menyukai rumah yang tenang, kucing Siam mungkin bukan kucing yang tepat untuk Anda. Kucing Siam terkenal sebagai “talkers” alias suka bersuara.

Seekor kucing Persia memang cantik untuk dilihat, tetapi jika Anda tidak punya komitmen untuk melakukan perawatan rutin hampir setiap hari (atau membayar jasa profesional untuk melakukannya setiap minggu), maka kucing shorthair adalah pilihan yang lebih baik untuk Anda.

Apakah Anda sering bepergian? Maka Anda membutuhkan kucing yang lebih dewasa -setidaknya berusia delapan bulan atau lebih. Memelihara dua kucing sekaligus juga bisa dilakukan karena mereka dapat saling menemani saat Anda pergi.

Ketahuilah cara memilih kucing yang baik dan benar.

Kucing dewasa atau anak kucing?

Gambar anak kucing lucu

Semua orang suka anak kucing. Mereka imut, lucu, dan menggemaskan, tidak ada keraguan tentang hal itu. Tapi Anda harus paham bahwa mereka tetaplah “bayi.” Pada saat seekor anak kucing siap untuk hidup terpisah dari ibunya dan tinggal di rumah Anda, dia dapat berjalan, berlari, melompat, dan memanjat layaknya anak manusia yang berumur sepuluh tahun. Terlebih lagi, jika Anda mendapatkan anak kucing hari ini, maka hanya dalam waktu beberapa bulan saja dia akan tumbuh menjadi kucing dewasa. Kucing rata-rata bisa hidup sampai 12 hingga 15 tahun.

Jika Anda punya waktu, tempat, dan energi yang cukup untuk memelihara anak kucing, maka tak masalah untuk memeliharanya karena itu akan jadi pengalaman yang luar biasa. Tapi ingatlah bahwa anak kucing butuh pemeliharaan tingkat tinggi. Mereka menuntut banyak perhatian dan perawatan rutin.

Anak kucing selain butuh kasih sayang dan kelembutan juga butuh pelatihan dan sosialisasi agar selalu bisa berperangai tenang. Anda tidak akan tahu seperti apa perangai kucing ini nantinya sampai dia tumbuh dewasa.

Yang perlu diperhatikan lagi, anak yang masih balita dan anak kucing yang masih sangat kecil biasanya tidak bisa bergaul dengan baik. Memang sangat menyenangkan untuk melihat anak balita kita dan anak kucing yang baru berumur sepuluh minggu dapat ‘tumbuh bersama,’ tetapi faktanya hal itu sulit dilakukan. Dalam waktu enam bulan saja, anak kucing kecil yang biasa digendong  dan ditimang balita Anda akan segera berubah menjadi kucing dewasa dengan berat beberapa kilogram.

Mencari Kucing yang Tepat

Kucing jelas bukan termasuk binatang yang langka dan bahkan bisa ditemukan di mana-mana. Tapi karena itulah Anda harus lebih waspada. Bagaimana memilih kucing yang tepat? Apakah dia sehat? Bagaimana dengan masalah kesehatan atau perilaku tersembunyi yang bisa timbul belakangan? Apa yang akan terjadi pada kucing itu jika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik di rumah Anda?

Mencari kucing tidak seperti mencari alat pengering rambut; mereka tidak punya semacam garansi. Masing-masing kucing berbeda, yang berarti masalah yang menyertai setiap kucing berbeda satu sama lain. Namun, sumber-sumber berikut bisa membantu Anda membuat keputusan. Meskipun tidak ada jaminan bahwa kucing Anda akan selalu sehat, mereka dapat memberikan saran-saran terbaik agar kucing berpeluang untuk tetap sehat. Sumber yang bagus untuk mencari kucing yang tepat antara lain:

Teman atau tetangga

Kemungkinan terbaiknya adalah seseorang yang Anda kenal yang memelihara kucing atau anak kucing ingin menghibahkan atau menjual kucingnya. Seringkali, mengadopsi kucing tetangga atau teman adalah cara terbaik untuk mendapatkan peliharaan yang sehat. Mereka mungkin akan memberi tahu riwayat kehidupan kucing tersebut pada Anda.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengadopsi kucing dari teman atau tetangga: Jangan berharap kucing tersebut sudah mendapat perawatan hewan yang istimewa seperti kucing dari tempat penampungan atau peternak. Andalah yang harus memberikannya nanti.

Tempat penampungan hewan

Jutaan kucing gelandangan akhirnya dieuthanasia (suntik mati) di penampungan hewan setiap tahunnya. Mengadopsi dari tempat penampungan berarti Anda menyelamatkan nyawa seekor kucing, memberi ruang bagi kucing lain, dan ini merupakan cara yang murah untuk mendapatkan hewan peliharaan yang sudah dikebiri.

Anda harus mengajukan diri dan melakukan wawancara jika diperlukan, beberapa pertanyaan mungkin sifatnya terlalu pribadi. Tapi jangan lekas tersinggung, mereka punya alasan yang tepat untuk menanyakannya. Juga, pastikan untuk memeriksa fasilitas tempat penampungan tersebut dan kondisi hewan peliharaan yang dapat diadopsi. Karena kucing-kucing itu hidup dalam lingkungan yang berdekatan, penyakit, cacing, dan kutu bisa saja menjadi masalah.

Peternak

Jika Anda menginginkan kucing ras murni, maka datangilah peternak kucing. Peternak yang baik memiliki pengetahuan umum yang luas tentang kucing dan jenis-jenis kucing secara khusus. Mereka juga selalu berhati-hati dalam menilai siapa calon pembeli kucing mereka.

Waspadalah terhadap peternak ‘tawar-menawar’ dan ‘peternak bawah tanah’ (orang-orang yang beternak semata-mata hanya demi keuntungan). Seorang peternak yang memiliki reputasi baik hanya tertarik untuk memelihara hewan yang berkualitas tinggi, membuat riwayat hidup yang cermat, dan biasanya hanya menghasilkan satu atau dua kelompok anakan per betina per tahun.

Kucing liar

Dalam situasi tertentu, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari kucing yang tepat; sebab kucing yang tepat itulah yang akan mendatangi Anda. Banyak penghobi kucing berkata bahwa kucing liar adalah kucing terbaik untuk dipelihara. Tidak ada wawancara atau biaya adopsi saat Anda memungut kucing liar dan Anda juga berpeluang menyelamatkan hidupnya.

Di sisi lain, Anda harus menanggung semua biaya perawatan khususnya, termasuk pensterilan. Banyak kucing liar memiliki masalah kesehatan lain yang mungkin tidak segera terlihat, namun biaya pengobatannya mahal. Anda harus selalu siap dengan konsekuensi itu.

Demikianlah panduan tentang cara memilih kucing yang benar. Sudahkah Anda menemukan seekor kucing yang tepat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *