Apakah Kucing Benar-benar Akan Makan Ikan Mas di Akuarium?

Loading...

Kita sering melihat gambaran di kartun-kartun tentang seekor kucing nakal yang duduk di dekat fishbowl (akuarium bulat) berisi ikan mas, mengaduk-aduk air dengan cakarnya, sambil menunggu kesempatan untuk memakan ikan itu entah bagaimana caranya. Kartun-kartun itu menggambarkan rasa penasaran kucing yang besar dengan akurat.

Kucing dan Ikan Mas

Kucing sangat suka memperhatikan ikan mas (atau ikan hias lainnya). Makhluk-makhluk kecil bersirip yang berenang di akuarium kaca besar akan menarik perhatian kucing. Ikan-ikan mungil yang berenang melingkar-lingkar dengan tubuh berkilauan menjadikan mereka mainan yang tak tertahankan untuk kucing Anda. Tapi jangan salah, beberapa kucing suka makan ikan. Ini dimulai dengan ketertarikan, lalu menjadikannya mainan, dan akhirnya kucing akan memakannya!

Ini semua soal insting

Kucing memiliki dorongan naluriah, seperti berburu untuk bertahan hidup misalnya, yang telah diubah dan dibentuk selama ribuan tahun proses domestikasi. Sekarang naluri ini telah dikembangkan menjadi apa yang diyakini kucing sebagai “mainan.” Namun, “permainan kucing” ini tidak hanya dapat membunuh ikan mas, tetapi juga dapat membahayakan hewan kecil lainnya dalam rumah, seperti hamster dan tikus.

Loading...

Keingintahuan Kucing

Kucing pada dasarnya penuh rasa penasaran dan mereka suka mengaduk-aduk ikan, tikus, dan hewan pengerat lainnya dengan cakarnya, beberapa kucing bahkan bisa memutuskan untuk membunuh dan memakannya atau membawakannya kepada Anda sebagai “hadiah.” Beberapa kucing lebih tertarik dengan ikan, sedangkan beberapa lainnya lebih tertarik pada tikus. Kucing menjadikan hewan-hewan kecil itu mainan sekaligus mangsa.

Hal yang harus diperhatikan

Tindakan pencegahan harus dilakukan jika kucing Anda menunjukkan ketertarikan yang berlebihan pada ikan mas Anda. Pasang penutup akuarium yang kuat agar kucing tidak bisa memangsanya. Jika ikan dipelihara di kolam dan kucing sering nongkrong di sana, ada banyak penghalau binatang yang bisa Anda semprotkan di sekitar kolam ikan. Sebagai alternatif bahan kimia, Anda juga dapat menutupi kolam Anda dengan semacam jaring yang bisa ditemukan di toko hewan peliharaan atau online.

Perlu diingat, kucing yang menggaruk akuarium ikan atau kandang hewan peliharaan kecil dapat menyebabkan hewan-hewan kecil itu stres. Stres ini bahkan dapat menyebabkan perubahan warna ikan Anda. Situasi stres yang berkelanjutan dapat memperburuk kesehatan hewan peliharaan kecil, jadi pastikan untuk menjaga semua hewan peliharaan Anda tetap bahagia (mereka semua bergantung pada Anda!).

Selalu jaga semua akuarium ikan dan kandang hewan peliharaan kecil tetap aman, dan jika memungkinkan letakkan di luar jangkauan kucing Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *