5 Cara Menyimpan Smartphone Bekas Agar Awet dan Tak Rusak

Maraknya penggunaan smartphone terkadang membuat kita tergoda untuk membeli smartphone keluaran terbaru meski yang lama sebenarnya masih bagus. Itu sah-sah saja sih karena punya hape berapapun adalah hak masing-masing orang. Tapi ada satu hal yang tak boleh dilupakan adalah bagaimana cara menyimpan smartphone lawas yang sudah tak dipakai agar tetap berada dalam kondisi bagus?

Ponsel Bekas

Kamu tentu nggak mau kan ponsel lawasmu itu rusak nganggur meski kamu sendiri sebenarnya sudah tak membutuhkannya. Nah untuk mencegah kerusakan, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Isi baterai dulu sebelum disimpan

Walau nanti smartphone usangmu kamu anggurin, ada baiknya kamu mengisi dayanya terlebih dahulu sampai penuh. Pakai charger asli bawaannya. Ini adalah langkah pertama untuk mencegah kerusakan baterai.

2. Masukkan kembali dalam box

Bila memungkinkan, lepas dulu baterainya. Tapi bila baterai smartphonemu adalah tipe non-removable battery alias baterai tanam, ya kamu tinggal memasukkannya saja dalam box. Pastikan smartphone dalam keadaan mati. Simpan pula charger dan headset di box yang sama agar mudah carinya kalau sewaktu-waktu butuh.

3. Tetap rutin periksa baterai

Setidaknya tiga bulan sekali kamu ambil ponselmu, nyalakan, dan periksa dayanya. Bila berkurang, charge aja. Pemeriksaan kondisi ini penting untuk menjaga keawetannya. Menyalakan smartphone juga bagus untuk memanaskan mesin. Setelah selesai, matikan dan masukkan kembali dalam box.

Baca Juga:  Smartphone 2 Jutaan Ini Bisa Buat Foto Bokeh dengan Quad Camera

4. Perhatikan tempat penyimpanannya

Walau sudah dimasukkan dalam boxnya, tetap perhatikan tempat penyimpanan box itu. Jangan kamu taruh di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang lembab. Suhu yang terlalu panas atau lembab bisa merusak komponen smartphone. Kalau terpaksa ditaruh dalam tempat lembab, berilah serapair atau penyerap kelembaban.

5. Hindari tempat yang tertutup

Smartphone yang tak terpakai sebaiknya tidak ditaruh di tempat yang tertutup dan gelap seperti almari karena berpotensi jamuran atau lebih parah dirusak hewan-hewan rumahan seperti tikus.

Nah cara-cara simpel di atas bisa diterapkan untuk menjaga kualitas smartphone lawasmu. Kalau mau lebih simpel sih, jual saja barang bekasmu yang sudah nggak terpakai 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *