4 Poin Perbedaan Mendasar Antara J-Pop dan K-Pop

Loading...

J-Pop berasal dari Jepang dan K-Pop berasal dari Korea Selatan. Dua genre musik ini mengembangkan rivalitas selama bertahun-tahun untuk menguasai pangsa pasar musik Asia, khususnya Asia Timur. Fans keduanya sangat banyak, walau harus diakui bahwa dalam beberapa tahun terakhir K-Pop dengan Hallyu Wavenya kian menyebar dan tak terbendung, bahkan sudah masuk pangsa musik Barat.

J-Pop
Arashi (J-Pop)

Apa sih perbedaan mendasar antara J-Pop dan K-Pop?

1. J-Pop tidak mudah ditebak alias unpredictable. Banyak kejutan yang dihadirkannya dan penikmatnya bisa menemukan artis, konsep, dan genre yang belum pernah dilihat atau didengar sebelumnya. K-Pop lebih predictable dibanding J-Pop. Banyak konsep K-Pop yang terpengaruh J-Pop dan musik Barat.

Loading...

2. J-Pop memiliki lebih banyak variasi dibanding K-Pop dari segi konsep dan seni. K-Pop lebih global dibanding J-Pop karena kebiasaannya mengadopsi banyak genre populer seperti R&B, hip hop, balada, soul, pop, rock, bubblegum, retropop, dan lainnya.

JYJ
JYJ (K-Pop)

3. Artis-artis J-Pop tidak perlu memiliki wajah yang sangat tampan/cantik serta badan yang ideal nan proporsional. Tapi K-Pop banyak memberikan penekanan pada penampilan fisik dengan sedikit pengecualian. J-Pop sedikit lebih kreatif dalam hal konsep dan style dibandingkan K-Pop.

4. K-Pop menargetkan pasar Asia yang lebih luas dan bahkan pasar luar Asia, tidak seperti J-Pop yang cenderung menargetkan pasar regional. Karena ituah banyak member non-Korea berkiprah di grup-grup idol K-Pop. K-Pop saat ini bahkan menambahkan member non-Asia, terutama di beberapa band indie K-Pop dan bahkan program audisi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *