4 Bahan Alami untuk Mencegah Uban Tumbuh

Uban alias rambut putih biasanya muncul ketika orang sudah menua atau melewati usia 40 tahun. Tapi kini uban bisa datang tanpa memandang umur. Orang yang masih berusia 30-an pun bisa saja mulai beruban karena berbagai alasan, mulai dari stres sampai terlalu banyak aktivitas. Uban memang tidak berbahaya, tapi jelas mengganggu penampilan.

Rambut Beruban

Cara paling gampang untuk menyembunyikan uban tentu saja adalah dengan mengecat rambut. Namun jika Anda enggan melakukannya, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mencegah munculnya uban di kepala. Bahan-bahan ini bisa Anda temukan di dapur. Apa saja?

1. Minyak kelapa

Kandungan antioksidan dalam minyak kelapa bisa memperbaiki kerusakan rambut sekaligus membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat. Jika diminum, minyak kelapa berkhasiat melancarkan peredaran darah yang pada gilirannya bisa menjaga kondisi kesehatan rambut termasuk warna alaminya.

2. Kopi

Kopi yang mempunyai warna alami hitam ternyata juga bisa menjadi pewarna alami rambut. Caranya cukup mudah, aplikasikan kopi pada rambut secara teratur dan uban pasti takkan muncul di kepala.

3. Jahe

Sebagai minuman, jahe bisa memberi efek menghangatkan sekaligus meredakan demam. Manfaat lainnya, jahe bisa mewarnai rambut secara alami. Caranya, campurkan satu sendok teh jahe yang sudah dihaluskan dengan madu secukupnya dan minum secara rutin. Rasakan sendiri efeknya!

4. Teh hitam

Barangkali teh hitam kurang familiar bagi kebanyakan kita, namun bahan satu ini juga berkhasiat menghitamkan rambut. Teh hitam akan memicu produksi melanin sehingga uban tidak ‘berani’ muncul.

Itulah beberapa bahan yang bisa Anda pakai untuk mencegah uban. Mana kira-kira yang akan Anda gunakan? Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *