Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android 6.0 Marshmallow

Android versi 6 alias Marshmallow banyak disematkan di berbagai smartphone high-end karena banyaknya fitur keren yang ditawarkan. Walau kini Marshmallow tergolong ‘jadul’ karena sudah ada updatetan terbarunya, Nougat dan Oreo, masih banyak dari kita yang tetap menggunakannya. Termasuk kamu?

Foto Andro

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Android adalah kehilangan foto karena tak sengaja terhapus. Itu biasanya terjadi karena kelalaian, misalnya ketika bersih-bersih atau ketika ponsel dipegang anak kecil yang tak tahu fungsi tombol delete. Jika itu terjadi, bisa gawat pastinya. Foto-foto penting yang mengabadikan berbagai momen kita bakal lenyap selamanya.

Untungnya Google melihat masalah ini dan memberikan solusinya. Mulai dari sekarang, bila kamu masih ingin menyimpan foto di hape, aturlah juga backup otomatis.

Mengatur backup image otomatis di Android 6.0 Marshmallow

Google memberikan ruang penyimpanan (cloud storage) gratis sebesar 15GB kepada para usernya. Itu sudah sangat besar kalau untuk menyimpan ribuan foto, so manfaatkan fasilitas gratisan ini baik-baik. Mengatur ponsel agar secara otomatis membackup diri di Google Drive sangat penting dilakukan sejak awal.

Caranya seperti ini.

Android Foto

1. Pilih aplikasi foto atau galeri.

2. Pilih ikon garis tiga, biasanya ada di kiri atas atau kanan bawah, lalu pilih setting.

3. Pilih backup dan sync.

4. Centang.

Kamu bisa menyetting jenis koneksi untuk membackup otomatis foto-foto ini, seperti Wi-Fi saja atau Wi-Fi dan Mobile Data. Sebaiknya pilih Wi-Fi saja agar mobile datamu awet. Jadi foto-fotomu akan terbackup hanya ketika ada jaringan Wi-Fi yang dikenali ponselmu.

Cara ini bisa dilakukan secara manual dan simpel, yaitu masuk galeri, centang semua foto, pilih ikon share, lalu pilih share ke Google Drive.

Cara yang paling mudah tentu saja adalah mengcopy semua file ke komputer atau flashdisk secara manual dan berkala. Kalau ponselmu sudah punya USB OTG, tinggal colokkan flashdisk, beres.

Dengan membackup foto di Google Drive, kamu bisa merestore atau mengembalikan foto-fotomu yang terhapus secara tak sengaja. Bila terhapus lagi, tinggal restore lagi. Mudah kan?

Kamu harus mencatat bahwa sejauh ini OS Android versi berapapun tidak memiliki fitur undelete meski ada beberapa aplikasi (apk) yang mengklaim bisa mengembalikan data atau foto yang hilang walau tidak dibackup. Tapi kami tidak berani merekomendasikannya ya karena khawatir apk tersebut mengandung malware yang bisa merusak smartphonemu.

Coba deh buka Google Play Store, ketik “file recovery apps,” pilih beberapa aplikasi yang paling meyakinkan, baca deskripsi fitur dan ulasan penggunanya, lalu tentukan pilihan sendiri.

Loading...

Leave a Reply