Kenapa Banyak Orang yang Membenci BTS? Apa Kekurangan Mereka?

BTS adalah grup K-Pop yang melesat bak roket dalam waktu yang relatif singkat. Mereka menjadi fenomena tersendiri di belantara K-Pop yang terkenal sangat keras. Boomingnya BTS telah melahirkan banyak fans setia, termasuk lahirnya fandom ARMY yang militan. Tapi itu semua juga dibarengi dengan munculnya banyak haters atau antifans. Sebenarnya, apa alasan mereka membenci BTS?

BTS1

Terlepas dari alasan-alasan yang sifatnya subyektif, seperti member tertentu yang kurang tampan atau tidak berbakat, ada satu alasan global yang sering dikemukakan para pengamat K-Pop, yaitu para fans BTS sendirilah yang sering cari musuh.

BTS meraih popularitas besar tidak hanya di Asia, tapi juga di luar Asia. Banyak orang yang semula tak suka atau tak kenal K-Pop tiba-tiba menjadi penggila K-Pop karena BTS. Masuknya fans-fans baru ini seringkali membuat semacam ‘kerusuhan’ karena kurangnya pemahaman mereka terhadap etika fandom dan industri K-Pop itu sendiri.

Sebagai contoh, fandom ARMY yang semakin besar itu punya beberapa gelintir sasaeng atau fans fanatik yang hobinya adalah membanding-bandingkan atau menghina grup idol dan fandom lain. Ini terang saja membuat fans grup lain marah dan menyerang balik. Pada titik tertentu mereka akan menyerang BTS sebagai grup, bukan menyerang fans gila mereka. Hasilnya, antifans BTS pun lahir sebagai tandingannya.

BTS

Fakta lainnya adalah kesuksesan besar BTS membuat sebagian besar fans mereka menjadi besar kepala, yang pastinya akan membuat fans grup lain jengkel. Perang komentar di berbagai platform media sosial seringkali terjadi dan membuat rusuh dunia fandom K-Pop.

ARMY yang ‘baik’ akan menjadi korban dari ARMY ‘buruk’ yang terus mencari musuh. Para ARMY yang sudah dewasa berulang kali mengingatkan tingkah beberapa gelintir fans itu, tapi tetap saja hal itu terjadi berulang-ulang.

ARMY menyadari bahwa ada penyakit parah di tubuh fandom mereka. Fans-fans baru itu terus-menerus mengejek bias orang lain, mengejek grup atau idol lain, dan membesar-besarkan fandom atau idola mereka sendiri. Mereka bahkan tak lagi bisa menikmati musik atau mengapresiasi setiap prestasi member BTS karena mereka sibuk menyerang idol atau grup lain.

Tapi BTS bukanlah satu-satunya grup K-Pop yang punya banyak fans ‘sampah.’ EXO, BIGBANG, Super Junior, Girls’ Generation, SHINee, dan berbagai grup lainnya juga punya fans semacam itu dan acapkali membuat mereka menjadi sasaran kebencian.

Haters dan antifans adalah bagian tak terpisahkan dari dunia fandom K-Pop. Seiring berjalannya waktu, para fans semakin dewasa dan menghargai fans grup lain. Segelintir sasaeng juga akan terus hadir untuk membuat permusuhan, dan inilah tugas besar setiap fandom untuk melibas fans-fans buruk semacam itu.

Loading...

One comment

  1. Tulisan yang menarik dan penting banget untuk ngebantu fandom BTS alias ARMY, juga fandom lain tentu aja, untuk introspeksi. Tapi aku masih bingung sama posisi penulis dalam tulisan ini hehehehehe. Sejauh ini yang aku lihat baru klaim dan belum dibubuhi data-data yang valid. Makasih banyak atas tulisannya.

Leave a Reply