Alasan Kenapa BTS Lebih Disukai Dibanding EXO

Pertarungan antara BTS dan EXO di dunia K-Pop saat ini sudah tak terelakkan lagi. EXO yang dilahirkan oleh agensi besar (SM Entertainment) lebih dulu mendulang popularitas dibandingkan BTS yang berasal dari agensi kecil dan lahir sekitar setahun setelah EXO. Perang antar fandom pun mewarnai rivalitas ini, yaitu antara EXO-L dan ARMY. Jika harus jujur, dua grup ini sebenarnya sama-sama bagusnya, sama-sama kuatnya, dan sama-sama punya pengaruh besar.

BTS

Tulisan berikut ini bukan bermaksud merendahkan EXO, melainkan mengajak pembaca untuk melihat dari kacamata ARMY alasan mengapa BTS dianggap lebih bagus dibandingkan EXO. Jawabannya tentu sangat subyektif!

Member BTS lebih sedikit

Ini murni soal selera, ada yang suka grup ramai beranggotakan banyak member seperti EXO, ada pula yang suka grup kecil (4-7 orang) seperti BTS. Ukuran grup yang lebih kecil membuat fans lebih fokus menilai sepak terjang setiap member. Sebaliknya grup besar terkadang sulit diikuti karena banyaknya member yang charming dan bertalenta. Sekali lagi ini soal selera!

BTS lebih kompak

Banyak yang bilang (termasuk EXO-L sendiri) bahwa EXO sebagai grup dan komoditas K-Pop cenderung berorientasi bisnis sehingga antar member tidaklah terlalu dekat dan kompak. Indikasi pertama adalah keluarnya beberapa member EXO asal China yang tak puas dengan sistem kerja di SM Entertainment. Member mungkin terlihat begitu kompak dan rukun di depan fans, tapi sebetulnya mereka individualis dan mengejar karir sendiri-sendiri.

Berbeda dengan BTS yang berasal dari agensi kecil dan miskin sorotan. Mereka membangun semuanya dari bawah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa BTS-lah yang membangun agensi mereka hingga jadi besar, bukan sebaliknya. Kekompakan para member pun terjaga karena mereka semua merasa senasib sepenanggungan alias sama-sama ‘semut’ di tengah puluhan ‘gajah.’

Musik BTS lebih bagus

ARMY jelas saja menganggap musik BTS lebih bagus dan sebaliknya. Tapi harus diakui bahwa BTS menawarkan sesuatu yang baru dan unik, terutama menyangkut tema dan lirik mereka yang berani. BTS berani mengangkat tema-tema sosial yang sebelumnya dianggap tabu di masyarakat, dan ini tentunya menambah nilai plus untuk mereka.

BTS Good

Keterlibatan para member BTS dalam penciptaan musik dan lirik juga menjadi poin tambahan. Musik-musik mereka terasa lebih personal, bukan musik hasil mass-production yang diciptakan musisi-musisi di balik agensi besar mereka. Ide-ide setiap member bisa dituang menjadi lagu karena agensi kecil mereka memberi kebebasan soal itu. Pada akhirnya, style BTS pun lebih berasa dibandingkan style EXO.

BTS tak mementingkan penampilan fisik

Haters secara rutin meledek para member BTS, terutama Rap Monster, Suga, dan J-Hope, sebagai idol ‘berwajah jelek’ dan tak pantas berlaga di panggung K-Pop yang dipenuhi tampang-tampang rupawan. ARMY sendiri diam-diam juga mengakui hal itu bahwa secara visual member BTS memang masih kalah dengan member grup-grup lain seperti EXO.

Tapi sejak awal BTS tidaklah terlalu fokus pada urusan penampilan visual member. Mereka memang punya lini ‘member tampan’ seperti Jungkook, V, Jin, serta yang ‘standar dan pas-pasan’ seperti Jimin. Mereka lebih fokus pada musik, lirik, koreografi, dan aksi panggung secara keseluruhan. Hal-hal semacam itulah yang justru menambah keatraktifan BTS dibanding grup lain seperti EXO yang terkadang terlalu over dalam mengekspos visual para membernya.

Well, itulah beberapa alasan kenapa BTS dianggap lebih baik dibanding EXO. Ini hanyalah opini belaka yang dihimpun dari para ARMY. Dan tentu saja EXO-L punya pendapat dan pendirian sendiri. Bagaimana menurut kalian semua?

One comment

  1. Ngga niat merendahkan? Tapi isinya merendahkan exo semua, bisa aja nih yg bikin artikel buat mancing view nya bawa bawa nama exo:) yg bikin army ya?

Leave a Reply