8 Lagu BTS yang Punya Lirik Terbaik dan Terdalam

Boyband BTS dikenal mampu menciptakan lagu-lagu mereka sendiri dan berani mengangkat tema sosial yang tak lazim ada di K-Pop. Terlepas dari musikalitasnya, lagu-lagu BTS punya lirik yang bermakna, kuat, dan menyentuh. Lagu mereka mampu menyuarakan emosi mendalam kawula muda. Berbagai isu diangkat RM dkk, mulai dari kesepian, kesetaraan, sampai depresi.

BTS

BTS sudah sukses dengan banyak single keren yang masuk jalur mainstream, seperti “Fire,” “Dope,” “Blood, Sweat, and Tears,” dan “Not Today.” Tapi di samping itu ada banyak lagu-lagu lain yang mungkin jarang diapresiasi tapi punya lirik ampuh. Inilah delapan di antaranya.

1. 21st Century Girls

BTS 21st Century Girls

Ini bukanlah serenada manis seperti pada umumnya, tapi sebuah lagu modern nan powerful untuk para wanita di abad ke-21. BTS memotivasi para wanita untuk lebih percaya diri, ceria, dan menjadi diri mereka sendiri. BTS mendorong mereka untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan menjadi orang yang lebih baik dan lebih kuat.

2. Run

BTS Run

Lagu keren yang membuat kita berpikir tentang masa muda dan kehidupan. “Run” mengekspresikan perasaan tentang betapa sulitnya hidup di antara masa remaja dan masa dewasa. Ketika ditanya kenapa judulnya “Run,” BTS menjawab bahwa The Most Beautiful Moment in Life Part 1 menjelaskan bagaimana masa muda begitu melelahkan dan sulit serta bagaimana kita merasa selalu berada di tepian. Bagian kedua memiliki feel yang lebih berani.

Tak masalah kita gagal, membuat kesalahan, atau jatuh. Tak masalah kita gagal dalam hidup, tapi ingatlah kegagalan bukanlah akhir dari dunia. Kita bisa lari dan mengejar apa yang dirasa benar dan itulah yang ingin disampaikan BTS lewat lagu ini.

3. We Are Bulletproof, Pt. 2

BTS We Are Bulletproof, Pt. 2

Kembali ke masa di mana BTS lekat dengan imej “bad boys muda” yang menyanyi dan ngedance dengan penuh percaya diri, mereka tetap tak bisa menghilangkan imej cute yang sudah melekat. Ini adalah lagu brilian di masa debut mereka yang memperkenalkan tujuh pemuda berbakat yang mencoba mendaki industri K-Pop. Lagu ini menceritakan kehidupan, tekanan, pengorbanan, dan kesulitan yang sudah mereka rasakan, karena itu judulnya “Bulletproof” alias anti peluru.

4. Best of Me

BTS Best of Me

Lagu yang relatif baru ini tak cuma cantik musiknya, tapi juga keren liriknya. Dengan upbeat yang ceria dan mood cerah, BTS menghadirkan karya terbaik mereka lewat lagu ini. Lirik “Best of Me” seperti meminta kepastian pada seorang wanita bahwa dia tak akan meninggalkan pria yang sangat mencintainya. Seperti biasa, BTS mencurahkan hati mereka di lagu ini.

5. Baepsae

BTS Baepsae

Lagu keren lainnya dari BTS ini lagi-lagi menceritakan betapa sulitnya menjalani masa muda di generasi ini. Kata “baepsae” bisa berarti sejenis burung dalam bahasa Korea, tapi dalam bahasa Inggris terjemahannya adalah “sendok perak” atau “berusaha dengan keras” yang mengimplikasikan bahwa anak-anak zaman sekarang dilabeli orang dewasa sebagai baepsae, yaitu orang yang akan melakukan segalanya demi social climbing, apapun resikonya.

Tapi sebagaimana yang kita tahu, generasi ini mendapat banyak tekanan dari sebagian besar orang dewasa di kelas atas yang memandang rendah para newbie atau pemuda di generasi ini.

6. NO

BTS NO

Satu kata yang menegasikan, menolak, dan menidakkan segalanya adalah NO. Sebagian besar lagu di album O! RUL8,2? lebih banyak membicarakan isu sosial dibandingkan percintaan, dan “NO” adalah lagu di masa debut BTS yang mengandung pesan kuat tentang hidup di bawah ekspektasi orang lain.

Merasa tercekik karena lingkungan, BTS memutuskan untuk mendobrak dinding kokoh dan melompati pagar tinggi sambil meneriakkan “NO” keras-keras. Maknanya, tak ada seorang pun yang bisa mempengaruhi atau mendikte kehidupanmu karena kau punya pikiran, jiwa, dan kebebasan untuk memilih.

7. Spine Breaker

BTS Spine Breaker

Narsisme dan egoisme. Segala sesuatu yang terjadi bukanlah tren semata, tapi lebih pada masalah sosial. Lagu ini menjadi alarm untuk menyadarkan kita akan besarnya perbedaan antara si kaya, si miskin, dan mereka yang berusaha keras untuk terlihat kaya. Ini adalah isu sosial yang tampaknya sulit berakhir, tapi terus mempengaruhi anak muda untuk mendaki kelas sosial tanpa mempertimbangkan orang lain, terutama orangtua. Pesan kuatnya adalah uang bisa membeli hal-hal matrealistis, tapi tak bisa membeli kehidupan dan respek.

8. Spring Day

BTS Spring Day

Seperti racun yang manis, “Spring Day” punya sound menyenangkan dan lirik sedih yang menunjukkan selera BTS dalam bermusik. Ini adalah lagu kesepian yang menampilkan cinta yang hangat hingga menjadikannya salah satu masterpiece BTS.

“Spring Day” sukses mengekspresikan perasaan kesedihan, kerinduan pada seseorang yang sangat ingin kamu temui dan peluk. Tapi jangan khawatir, tak ada kesedihan yang abadi, kita hanya perlu menunggu waktu yang tepat agar airmata tak lagi jatuh dan jarak tak lagi jauh.

Loading...

Leave a Reply